Benarkah Mengkonsumsi Pepaya Untuk Ibu Hamil Dapat Membahayakan?

Benarkah Mengkonsumsi Pepaya Untuk Ibu Hamil Dapat Membahayakan?

Buah merupakan elemen penting dalam menu makanan ibu hamil karena kaya akan vitamin, mineral, serat dan folat. Namun, banyak yang beranggapan bahwa jenis buah tertentu seperti pepaya harus dihindari karena dapat membahayakan janin. Lantas, benarkah mengonsumsi pepaya untuk ibu hamil bisa membahayakan?

Apakah seorang wanita hamil makan pepaya tergantung pada tingkat kematangannya. Seperti kebanyakan buah, pepaya membutuhkan waktu dari buah hingga matang dan dapat dimakan. Pepaya matang memiliki warna oranye kekuningan, sedangkan pepaya mentah memiliki kulit berwarna hijau dengan daging buah berwarna putih gading.

Pepaya matang merupakan sumber kolin, betakaroten, folat, serat, kalium, dan berbagai vitamin yang dibutuhkan ibu hamil. Varietas ini tidak tersedia pada pepaya yang belum matang. Kandungan baku pepaya tertinggi adalah karet papain dan enzim yang dapat memecah protein menjadi peptida dan asam amino.

Larangan makan pepaya saat hamil tidak berlaku untuk buah yang masak. Sebaiknya, Anda menghindari karet pepaya mentah. Ini karena karet pepaya mentah dapat menimbulkan efek sebagai berikut:

  • Ini merangsang kontraksi otot-otot dinding rahim, sehingga melahirkan lebih awal.
  • Mengaktifkan reaksi alergi berbahaya pada wanita hamil.
  • Tubuh Anda mungkin salah menghitung enzim papain untuk hormon prostaglandin yang merangsang persalinan. Karet pepaya juga dapat melemahkan selaput pelindung yang menutupi janin.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa enzim papain dalam jumlah banyak dapat menyebabkan keracunan janin dan bayi lahir cacat. Namun penelitian ini hanya dilakukan pada hewan dan belum dipelajari lebih lanjut.

Manfaat Makan Pepaya Dewasa Saat Hamil

  • Melancarkan pencernaan ibu hamil secara teratur. Kandungan betakaroten pada pepaya yang matang merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang dapat meredakan mulas dan mengurangi risiko sembelit.
  • Cegah morning sickness atau morning sickness.
  • Menjaga sistem imun. Vitamin dan antioksidan adalah dua komponen efektif untuk memperkuat sistem kekebalan dan mencegah penyakit menular.
  • Meningkatkan kadar hemoglobin. Jika jumlahnya sedikit, ibu hamil bisa menderita anemia.
  • Mencegah dehidrasi karena kandungan air yang tinggi pada pepaya.
  • Memberikan energi dari kandungan gula dan kalori pepaya. Energi yang cukup merupakan faktor penting dalam mencegah kelelahan pada ibu hamil.
  • Mengurangi resiko komplikasi kehamilan dan berbagai penyakit lainnya.

Anda boleh makan pepaya saat hamil asalkan benar-benar matang dan tidak mengandung banyak getah. Namun berhati-hatilah saat makan pepaya jika pernah mengalami keguguran atau kelahiran prematur. Jangan terlalu berlebihan.

Jika Anda tidak yakin tentang bahan makanan tertentu selama kehamilan, tanyakan kepada dokter Anda. Juga hadapi masalah kesehatan yang terjadi setelah makan buah dan makanan lainnya.

Kesehatan